Cara Membuat Partai Politik


Partai Politik Memang Sengaja Di buat Untuk Menjadi Kendaraan Politik Yang Memang Satu - Satunya Syarat Untuk Memasuki Dunia Politik. Setelah Masuknya Era Reformasi Banyak Sekali Partai Politik Yang Didirikan Sampai Masyarakat Tidak Mengenal Semua Partai Politik Yang Ada Di Indonesia Ini. Berikut Ini Adalah Syarat - syarat Pembuatan Partai Politik Di Indonesia :

1. Harus ada minimal 50 orang warga negara Indonesia berusia minimal 21 tahun untuk mendirikan dan membentuk partai politik baru. Akta pendi-rian dibuat di depan notaris, memuat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, juga kepengurusan tingkat nasional.

2. Membentuk kepengurusan minimal di 15 provinsi, atau 50 persen dari jumlah provinsi di Indonesia. Termasuk, pengurus cabang tingkat kabupaten/kota madya minimal 50 persen pada setiap provinsi itu dan 25 persen dari jumlah kecamatan pada kabu-paten/kota yang bersangkutan.

3. Nama, lambang, dan tanda gambar yang tidak boleh sama dengan partai politik lain.

4. Mempunyai kantor yang tetap.

5. Mendaftarkan akta notaris pendirian partai kepada Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia.

6. Departemen Kehakiman melakukan verifikasi atas akta dan syarat pendirian partai serta kepengurusannya?berikut nama, lambang, dan tanda gambar.

7. Komite Pemilihan Umum bertugas menyaring partai peserta pemilu. KPU menetapkan dan melaksanakan tata cara penelitian keabsahan syarat-syarat partai sesuai dengan UU Partai dan UU Pemilu. Yaitu: memiliki pengurus lengkap minimal di 2/3 jumlah provinsi dan di 2/3 jumlah kabupaten/kota madya serta memiliki 1.000 anggota pada setiap kepengurusan partai di tingkat cabang, yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota. Masing-masing kepengurusan di tingkat daerah dan cabang ini harus punya kantor tetap. Partai juga harus mengajukan nama dan tanda gambar.

8. Jika tidak memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam UU Pemilu, partai itu tidak dapat menjadi peserta pemilu.


Blog Ini Didukung Oleh :


2 comments:

  1. Informasi yang sangat menarik terima kash sudah disampaikan salam sukses selalu !

    ReplyDelete
  2. Kalo mau banyak simpatisan/anggota nya bikin partai golput/golongan putih lambangnya huruf N aja singkatan dari Netral. yg mewakili aspirasi mereka yg slama ini memilih golput. wah bakal jadi pemenang pemilu nih. nanti 2019. bikin ya....ane siap jadi ketua DPC nya deh..

    ReplyDelete